VISI

Tahun 2024 menjadi salah satu Program Studi Teknik Mesin  yang bermutu, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing Internasional dikawasan regional di  bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna.”

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berdaya saing internasional di Kawasan Regional dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna serta berkarakter kebangsaan.

  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada problem solving dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna serta berkarakter kebangsaan.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna serta berkarakter kebangsaan.
TUJUAN
  1. Menghasilkan profil lulusan yang bermutu dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna dan berdaya saing Internasional di kawasan regional serta berkarakter kebangsaan.

  2. Menghasilkan penelitian di dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna yang berorientasi pada pemecahan solusi.

  3. Memberdayakan masyarakat melalui program program pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam bidang Konversi Energi dan Material yang mengarah pada Teknologi Tepat Guna.
STRATEGI
  1. Lulusan memiliki kualifikasi bidang konversi energi. Hal ini didukung dengan kualifikasi lulusan > 80% tepat waktu dengan IPK> 3,00, rata-rata masa penyelesaian tugas akhir atau skripsi < 6 bulan, masa tunggu lulusan sebelum bekerja < 6 bulan dan 80% lulusan bekerja sesuai dengan bidang teknik mesin.

  2. 100% dosen tetap melakukan satu penelitian pertahun sesuai dengan bidang teknik mesin. 100% hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal ilmiah nasional. 20% dari hasil penelitian dosen terpublikasi di prosiding seminar internasional. 40% dari hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal nasional terakreditasi. 10% dari hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal internasional bereputasi baik.

  3. 100% kegiatan pengabdian masyarakat adalah tindak lanjut dari hasil penelitian dosen yang sesuai dengan bidang teknik mesin.

  4. 100% Program Studi Teknik Mesin telah memperoleh pendapatan lain di luar pendapatan yang berasal dari uang kuliah sebagai hasil pemasaran produk Program Studi Teknik Mesin yang dikelola oleh business center.